bolsas femininas

Sabtu, 28 April 2012

الجملة البسيطة (مبتدا و خبر) و (فعل و فاعل)


الجملة البسيطة (مبتدا و خبر) و  (فعل و فاعل)
                                                                
I.          PENDAHULUAN
       Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an, Hadis Nabi, maka untuk mengkaji keduanya dibutuhkan seperangkat alat atau sarana agar tidak salah dalam membaca dan memahami teks arab yang belum ada harakatnya serta untuk mengetahui perubahan-perubahan kata. Sebab apabila salah dan keliru dalam pembacaan tesk akan mengakibatkan salah dan keliru dalam pemaknaan. Untuk menghindari itu, sarannya adalah Ilmu Nahwu dan Shorof. Keduanya merupakan keutuhan yang tidak boleh diabaikan.
       Dalam makalah ini pemakalah membahas mengenai Mubtada Khobar Fiil Fail Dan Pembagiannya.

II.          RUMUSAN MASALAH
A.  Pengertian mubtada dan khobar
B.  Pembagian mubtada dan khobar
C.  Pengertian fiil dan fail
D.  Pembagian fiil dan fail

III.          PEMBAHASAN
A.    Pengertian mubtada dan khobar
http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_2.gif


        Mubtada ialah isim marfu' yang bebas dari amil lafazh, sedangkan khabar ialah isim marfu' yang di-musnad-kan kepada mubtada, contohnya seperti perkataan: http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_3.gif(Zaid berdiri); http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_4.gif(dua Zaid itu berdiri); dan http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_6.gifhttp://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_5.gif(Zaid-Zaid itu berdiri).[1]
Maksudnya: Mubtada itu isim marfu' yang kosong atau bebas dari amil lafazh, yakni: yang me-rafa'-kan mubtada itu bukan amil lafazh, seperti fa'il atau naibul fa'il, melainkan oleh amil maknawi, yaitu oleh ibtida atau permulaan kalimat saja.
       Sedangkan khabar adalah isim marfu' yang di-musnad-kan[2] atau disandarkan kepada mubtada, yakni tidak akan ada khabar kalau tidak ada mubtada dan mubtada itulah yang me-rafa'-kan khabar,seperti lafazh: http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_7.gif(Zaid berdiri). Lafazh http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_8.gifmenjadi mubtada yang di-rafa'-kan oleh ibtida, tanda rafa'-nya dengan dhammah karena isim mufrad. Sedangkan lafazh http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_9.gifmenjadi khabar-nya yang di-rafa'-kan oleh mubtada, tanda rafa'-nya dengan dhammah karena isim mufrad. http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_10.gif(Dua Zaid itu berdiri). Lafazh http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_11.gifmenjadi mubtada yang di-rafa'-kan, tanda rafa'-nya dengan alif karena isim tatsniyah. Sedangkan lafazh http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_12.gifmenjadi khabar yang di-rafa'-kan oleh mubtada, tanda rafa'-nya dengan alif karena isim tatsniyah. http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_13.gif(Zaid-Zaid itu berdiri). Lafazh http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_14.gifmubtada dan http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_15.gifmenjadi khabar-nya, di-rafa'-kan dengan memakai wawu karena jamak mudzakkar salim.
Dalam Nazam Alfiah Ibnu Malik
مبتداءزيد وعاذر خبر # ان قلت زيد عاذر من اعتذر 
http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_17.gif       Zaidun adalah mubtada’, khobarnya adalah lafadz aadzirun, seperti perkataan “zaidun aadzirun mani’ tadzar”(zaid memaafkan orang yang meminta maaf).[3]

       Sedangkan khabar ialah isim yang marfu' di-musnad-kan (disandarkan) kepada mubtada karena sesuai pada lafazhnya.
       Adapun meng-i'rab-nya adalah sebagai berikut: http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_35.gif(saya) berkedudukan menjadi mubtada yang di-rafa'-kan, tanda rafa'-nya mabni sukun. Sedangkan lafazh http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_36.gifmenjadi khabar-nya, di-rafa'-kan, tanda rafa'-nya dengan dhammah. Dan http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_37.gif(kami berdiri). Lafazh http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_38.gifberkedudukan menjadi mubtada, di-rafa'-kan, tanda rafa'-nya dengan mabni dhammah, sedangkan http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_39.gifmenjadi khabar-nya, juga di-rafa'-kan, tanda rafa'-nya dengan wawu karena jamak mudzakkar salim. Dan lafazh yang menyerupainya, seperti:
http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_40.gif 

                                                                                          

B.   Pembagian mubtada dan khobar
Pembagian Mubtada:
1. Secara garis besar mubtada terbagi menjadi dua yaitu mubtada اسم صريح dan mubtada مؤول به[4]
 









2. Di baca rofa
رفع ظاهر, نحو: زيدٌ قائمٌ
 
Dibaca رفع
 
Contoh: 
رفع مقدرا, نحو: غلامِيْ قائمٌ
 
رفع محلا, نحو: هو قائمٌ
 
 





           Adapun amil yang merofakan mubtada adalah amil manawi ibtida.
3. Sepi dari amil lafdi
       Amil lafdi yang tidak boleh masuk pada mubtada adalah amil lafdi yang asli, sedangkan yang زائدة  atau شبه زائد boleh masuk pada mubtada. Contoh:
بحسبك درهم (زائدة)
ربَّ رجلٍ كريمٍ لقتُهُُ(شبه زائد)
       Mubtada syartiya harus berupa isim marifat, sebab mubtada adalah Mahkum Alaih (Perkara yang dihukumi) sedangkan mukhotob tidak mungkin faham terhadap faidahnya khobar bila Mahkum Alaih (Mubtada) tidak jelas (Nakiroh).
       Apabila ada isim nakiroh menjadi mubtada maka harus mempunyai مسوغ (perkara yang memperbolehkan) dan مسوغ tersebut adalah:
a.    Didahului nafi atau istifham contoh: مارجل قائم,هل رجل قائم
b.    Di sifati contoh: عبد مؤم خير من مشرك
c.    Khobarnya berupa dorof atau jer majrur yang mendahului mubtada contoh:عندك رجل,في الدار امراة.
d.   Di idofahkan contoh: خمس صلوات كتبهن الله
e.    Ada tujuan membagi conyoh:
f.     المعربات قسمان: قسم يعرب بالحركات و قسم يغرب با لحروف.
Syarat mubtada lahul marfu sada masadda khobar:
a.       Didahului nafi atau istifham.
b.      Mubtada harus berupa isim sifat,
1)   Isim fail : اقائم الزيدانِ
2)   Isim maful:امضروب الزيدونَ
3)   Isim sifat musabihah : هل حسن الزيدونَ
c.       Mubtada harus berupa isim nakiroh, mubtada boleh berupa marifah.

Pembagian khobar:
                        Khobar mubtada’ terbagi menjadi 3 (tiga) macam yaitu:
1.    Khobar mufrod : khobar yang tidak terdiri dari jumlah. Lafad khobar ini ada 3 (tiga):
a.     Khobar mufrod mustaq: khobar yang terdiri dari isim fail, maf’ul, isim tafdil, atau    sifat musabbihah, ia punya dhomir yang kembali kepada mubtada’.
     Contoh : العلم نافع
       Hukum dari khobar mufrad mustaq ini wajib mutobiq (sama) dengan mubtada’nya baik bentuk maupun jenisnya (mufrad, tasniah, jama’, mudzakkar dan muannasnya). Contoh:
مفرد مذكر
الاستاذ عالم
تثنية مذكر
الاستاذان عالمان
جمع مذكر
الاستاذون عالمون
مفرد مؤنث
الاستاذة عالمة
تثنية مؤنث
الاستاذتان عالمتان
جمع مؤنث
الاستاذات عالمات
مفرد مذكر
هو محبوب
مفرد مؤنث
هى محبوبة
مفرد مؤنث
هذه التلميدة فضلى التلاميد
تثنية مؤنث
الفصلان نظيفان
b.      Khobar mufrod jamid : lafadz khobar yang tidak termasuk salah satu lafadz  khobar mufrod mushtaq. Contoh :
الصمت زين   
 السكوت سلامة
Khobar mufrod jamid ini tidak harus mutobiq dengan mubtada’nya. Contoh:
الالوان سبعة
الجملة نوعان
العلمأ سراج الامة
c.       Khobar mufrod muawwal bilmustaq : lafad khobar mufrod yang jamid namun yang di maksud adalah lafad mustaq. Contoh:
محمد اسد اى شجاع هو (Muhammad itu harimau yakni ia pemberani). Karena yang dimaksud adalah lafad mushtaq maka hukum khobar mufrod muawwal bilmushtaq ini pun harus mutobi’ dengan mubtada’nya.
2.      Khobar jumlah: khobar yang terdiri dari jumlah. Hokum dari khobar jumlah ini harus punya dhomir yang kembali kepada mubtada’. Dan ini terbagi menjadi 2 macam:
a.      Khobar jumlah fi’liyyah : khobar yang terdiri dari fiil dan fail. Failnya berupa        dlomir yang kembali kepada mubtada’nya. Contoh:

Muhammad sedang sholat
محمد يصلى
Dua orang murid sedang belajar
التلميدان يتعلمان
Murid- murid sedang belajar
التلاميد يتعلمون
Dia sudah belajar
هى تعلمت
Kamu semua sedang belajar
انتم تتعلمون
Murid- murid(p) sudah faham
التلميدات فهمن
Kamu sedang belajar
انت تتعلمين
Kamu sedang belajar
انت تتعلم
b.     Khobar jumlah ismiyyah:  khobar yang terdiri dari mubtada’ dan khobar. Contoh:
فريد ابوه عالم
التلميدان ابوهما عالم
التلميدون ابوهم عالم
التلميدات ابوهن عالم
3.      Khobar syibhu jumlah: khobar yang terdiri dari dzorof atau jer majrur yang bergantung kepada sifat atau fiil yang di buang. Contoh :
Murid di depan Guru
التلميد امام الاستاذ
اى التلميد كائن / يكون امام الاستاذ
Kitab di atas bangku
الكتاب على المكتب
اى الكتاب كائن / يكون على المكتب

Catatan khobar dan mubtada
Khobar wajib mendahului mubtada’ apa bila :
1.   Khobarnya berupa dhorof sedangkan mubtada’ berupa nakiroh
Contoh : عندى كتاب. وراء المدرسة بستان
2.   Khobarnya berupa jer majrur sedangkan mubtada’nya berupa nakiroh.
Contoh : فى الفصل تلاميد. فى المسجد مسلمون
3.   Khobarnya berupa isim istifham .
Contoh :   اين الطريق؟
4.   Mubtada’nya mengandung dlomir yang kembali kepada khobarnya.
 Contoh :فى الفصل صاحبه
Mubtada’ wajib mendahului khobarnya apabila :
1.    Mubtada’nya berupa ma taajjubah.
Contoh: ما احسن الصدق
2.    Mubtada’nya berupa كم الخبرية
Contoh: كم كتاب فى بيت ابي
3.    Mubtada’nya berupa شرط  اسم
Contoh:من يكسل يخشر
4.    Mubtada’nya berupa استفهام  اسم
Contoh:من فى الدار
5.    Mubtada’ yang di mudhofkan pada شرط  اسم
Contoh:ابن من تنصر انصر
6.    Mubtada’ yang di mudhofkan pada استفهام  اسم
Contoh:ابن من فى البيت
7.    Mubtada’ dan khobarnya sama- sama  معرفةاسم atau sama  نكرةاسم
Contoh:انت استاذى
8.    Khobarnya berupa jumlah
Contoh: الدرهم انفقه
C.     Pengertian fiil dan fail
      Fiil adalah kalimat yang menunjukan arti suatu pekerjaan dalam masa sekarang atau yang akan datang.[5]
       Dalam defenisi lain diterangkan Fiil adalah suatu kata yang menunjukkan suatu makna sempurna dengan sendirinya dan menggambarkan latar belakang waktu kejadian, dalam bahasa Indonesia fi’il dikenal dengan istilah “kata kerja”.
Namun, terdapat sedikit perbedaan yaitu dalam bahasa arab bentuk kata kerja itu berubah sesuai dengan latar belakang waktu kejadiannya, tidak sebagaimana pada bahasa Indonesia. Kata kerja ini mencakup kata kerja lampau (fi’il madhi), kata kerja sekarang/akan datang (fi’il mudhari’), dan kata kerja perintah (fi’il amr)
Fi’il bisa dikenali dengan melihat ciri yang ada padanya, di antara ciri tersebut adalah: [1] Didahului dengan kata qad (sesungguhnya), [2] Didahului dengan kata saufa (kelak), [3] Didahului dengan kata sa (akan), [4] Diakhiri dengan ta’ ta’nits sakinah (huruf ta’ sukun yang menunjukkan pelakunya adalah perempuan), [5] Bisa bersambung dengan ta’ fa’il (huruf ta’ yang menunjukkan pelaku), [6] Bisa bersambung dengan nun taukid (huruf nun tasydid yang menunjukkan penegasan)
       Fail adalah isim marfu yang dibaca rofa yang menjadi pelaku pekerjaan, kedudukannya terletak setelah fiil atau syibhul fiil.[6] (syibhul fiil adalah isim fail,sifat, sighot mubalaghoh,dan isim tafdhil,dalam pembahasan ilmu sorof).[7] Dalam kitab lain diterangkan fail adalah isim yang harus dibaca rofa dan isim itu mengerjakan perbuatannya fiil. Atau fail ialah isim yang jatuh setelah fiil tam yang ber mabni malum itu yang serupa dengannya dan isim tersebut disandarkan kepada fiil tersebut.[8]
Contoh:
قال محمدٌ   = Muhammad sudah berkata
 تعلم تلميدان= Dua orang murid sedang belajar
يصلي المسلمون = Orang-orang muslim sedang solat
طار العصفور = Burung pipit terbang
يجلس الطالبون, = Para siswa duduk
 فرحت هند = Hinduan bergembira
جري الحصانان  =  Dua ekor kuda lari
D.    Pembagian fiil fail
Fiil (katakerja) terbagi ketiga massa, Yaitu:
1. Zaman Madhi : Massa Lampau (sudah lewat).
2. Zaman Hal : Massa yang sedang berlangsung
3.Zaman istikabal : Massa yang belum terjadi.

   Hukum fiil terbagi menjadi dua bagian :
   pertama, fiil jamid yaitu : fiil yang tidak terbentuk dari masdar.
   kedua, fiil Mutashorif yaitu : fiil yang terbentuk dari masdar

       Pembagian fiil dari Tsulasi (tiga huruf), rubai (emapt Huruf), mazid (yang ditambah), salim (tidak ada huruf ilat) :
1.fiil tsulasi mujarod salim : نصر
2. fiil tsulasi mujarod ghoer salim : وعد (yang membuat menjadi ghoer salim karena ada                        huruf wau)
3. fiil tsulasi mazid salim : أكرم (disebut mazid karena ada hamzah sebagai huruf                                   tambahan)
4. fiil tsulasi mazid ghoer salim : أوعد
5. fiil rubai mujarod salim : دخرج
6. fiil rubai mujarod goer salim : وسوس
7. fiil rubai mazid salim تدخرج
8. fiil rubai mazid ghoer salim : توسوس


Pembagian Fail
                        Di tinjau dari segi lafadznya fail menjadi tiga macam yaitu:
1.     Fail shorih, yakni fail yang terdiri dari isim dhohir.
   Contoh : ذهب الوالدان( dua orang tua telah pergi)
2.     Fail dhomir, yakni fail yang terdiri dari isim dhomir
    Fail dhomir ini terbagi menjadi dua macam yaitu:
a.  Fail dhomir bariz.
 Contoh : تعلمت (saya sudah belajar), يتعلمون (mereka sudah belajar)
b. Fail dhomir mustatir. Dan ini terbagi dua macam yaitu:
1)   Dhomir mustatir jawaz, yakni dhomir yang ada pada fiil madly dan fiil mudlori’      yang keduanya berwaqi’ mufrod mudzakkar atau mufrod muannas.
   Contoh : تعلم, تعلمت, تتعلم, يتعلم     
2)   Dhomir mustatir wujuban, yaitu dhomir yang ada pada fiil mudhori’ yang  berwaqi’ mufrod mukhotob atau mutakallim wahdah/ ma’a ghoir fiil amar yang berupa waqi’ mufrod  mukhotob, isim fiil yang berwaqi’ mutakallim atau mukhotobah, fiil taajub yang mengikuti wazan ma af’ala dan pada afalul istima’.(خلا, عدا, حاشا). Contoh :
تقراء kamu sedang membaca
اقراء saya sedang membaca
نقراء kita sedang membaca
اقراء bacalah
اف saya jenuh
3.     Fail muawwal bissorih yaitu fail yang terdiri dari huruf masdariyyah yang  menerangkan fiil yang jatuh setelah sebagai masdarnya.Contoh :
    kamu wajib bersungguh- sungguh (يجب ان تجتهد اى يجب اجتهادك)







IV.          KESIMPULAN



a.      Mubtada ialah isim marfu' yang bebas dari amil lafazh, sedangkan khabar ialah isim marfu' yang di-musnad-kan kepada mubtada, contohnya seperti perkataan: http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_3.gif(Zaid berdiri); http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_4.gif(dua Zaid itu berdiri); dan http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_6.gifhttp://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_5.gif(Zaid-Zaid itu berdiri).
b.      Sedangkan khabar adalah isim marfu' yang di-musnad-kan[9] atau disandarkan kepada mubtada, yakni tidak akan ada khabar kalau tidak ada mubtada dan mubtada itulah yang me-rafa'-kan khabar,seperti lafazh: http://www.cybermq.com/gambarpustaka/MK_7.gif(Zaid berdiri).
c.        Fiil adalah kalimat yang menunjukan arti suatu pekerjaan dalam masa sekarang atau yang akan dating.
d.       Fail adalah isim marfu yang dibaca rofa yang menjadi pelaku pekerjaan, kedudukannya terletak setelah fiil atau syibhul fiil.





V.           PENUTUP

       Demikianlah makalah yang dapat saya sampaikan, pemakalah menyadari betul jika dalam pembuatan makalah ini masih banyak kesalahan dan jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat saya butukan demi kesempurnaan makalah ini kedepannya.  Semoga makalah ini berguna bagi kita semua khususnya  bagi para pembacanya amin…..









DAFTAR PUSTAKA


Din,  Bahaud Abdullah Ibnu ‘Aqil, 2006, Terjemah Alfiyyah Syarah Ibnu ‘Aqil, (Bandung: Sinar Baru Algesindo)
Jarim, Ali, tt, Nahwu Wadi  Jus 1, (Surabaya, Hidayah)
Maarif , Syamsul, 2008, Nahwu Kilat, (Bandung, CV Nuansa Aulia)
Samsyuddin , Syekh Muhammad Arra’ini , 2006, Tarjamah Mutammimah Ajurumiyyah, (Bandung:Percetakan Sinar Baru Offset)
Qodimin , Ibnu, tt ,Tarjamah Nusus Alalm,(Sarang: Maktabah Abwariyah)
http://www.abatasa.com/pustaka/detail/bahasa-arab/7/sabtu/2/20.15.
 


       [1] Syekh Samsyuddin Muhammad Arra’ini , Tarjamah Mutammimah Ajurumiyyah, (Bandung: Percetakan Sinar Baru Offset, 2006), hlm.141.
[2] http://www.abatasa.com/pustaka/detail/bahasa-arab/7/sabtu/2/20.15.
[3] Bahaud Din Abdullah Ibnu ‘Aqil, Terjemah Alfiyyah Syarah Ibnu ‘Aqil, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2006), hlm. 124.
[4] Ibnu Qodimin, Tarjamah Nusus Alalm, (Sarang: Maktabah Abwariyah, tt), hlm 30.
[5] Ali Jarim, Nahwu Wadih Jus 1, (Surabaya: Hidayah, tt), hlm 15.
[6] Syamsul Maarif, Nahwu Kilat,(Bandung, CV Nuansa Aulia, 2008),hlm 40.
[7] Ibid, hlm 40.
[8] Ibnu Qodimin, Op Cit, hlm 26.
[9] http://www.abatasa.com/pustaka/detail/bahasa-arab/7/sabtu/2/20.15.

By emil salim with No comments

0 komentar:

Poskan Komentar