bolsas femininas

Lencana Facebook


Sabtu, 28 April 2012

KATA SIFAT



BAHASA ARAB 1
         I.            PENDAHULUAN
       Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an, Hadis Nabi, maka untuk mengkaji keduanya dibutuhkan seperangkat alat atau sarana agar tidak salah dalam membaca dan memahami teks arab yang belum ada harakatnya serta untuk mengetahui perubahan-perubahan kata. Sebab apabila salah dan keliru dalam pembacaan tesk akan mengakibatkan salah dan keliru dalam pemaknaan. Untuk menghindari itu, sarannya adalah Ilmu Nahwu dan Shorof. Keduanya merupakan keutuhan yang tidak boleh diabaikan.
      Dalam tugas  ini saya akan  membahas mengenai Al Aushof Al Alwan, Al Asykal, Al Asma’, Al Adad, Al Jihah, Dhorfu Zaman, dan As Saa’ah

      II.            RUMUSAN MASALAH
A.    Al Aushof
B.     Al Alwan
C.     Al Asykal
D.    Al Asma’
E.     Al Adad
F.      Al Jihah
G.    Dhorfu Zaman
H.    As Saa’ah

   III.            PEMBAHASAN     
A.    Al Ausof
Sifat terbagi menjadi 2 macam, sifat musabbihah dan sifat mubalaghoh. Adapun pengertian dari sifat musabbihah seperti berikut.
·         Sifat musabbihah adalah sifat yang di bentuk untuk seseorang yang berbuat tetapi tidak dari segi pekerjaan namun ia merupakan sifat yang tetap. Contoh:
فرح- فرح / فرحة
صفة استحسن جر فاعل # مغنى بها المشبهة اسم الفاعل
Sifat yang menyerupai isim fail dianggap baik untuk men jerkan lafadz yang mengandung makna fail.[1]
Kata sifat adalah lafadz yang menunjukkan makna dan dzat.  Contoh :
حسن الوجه
Bermuka cakap
منطلق اللسان
Berlidah lancer
طاهرالقلب
Berkalbu suci




                      Bentuk asalnya:
حسن الوجهه
Cakap mukanya
منطلق لسانه
Lancar lidahnya
طا هرقلبه
Suci kalbunya

·         Sifat mubalagoh adalah isim yang di bentuk dari fiil dan isim tersebut menunjukkan arti isim fail yang disertahi pengukuhan atau penguatan arti.[2] Contohnya:
علم – علام
Kata sifat disebut صفة sifat, sedangkan yang disifati disebut موصوف  mausuf, setiap mausuf pasti ada sifat. Apabila yang disifati adalah jenis mudzakkar maka sifatnya menyesuaikan diri, begitu pula sebaliknya, apabila yang disifati adalah muannas maka sifatnya pun di muannaskan.sifat juga berfungsi sebagai sebutan selalu tanpa awalan alif lam. Adapun kata- kata sifat dibawah ini:[3]
Panjang
Pendek
:
قصير
X
طويل
1
Cepat
Lambat
:
بطئ
X
سريع
2
Rajin
Malas
:
كسول
X
مجد
3
Baru
Lama
:
قديم
X
جديد
4
Mudah
Sulit
:
صعب
X
سهل
5
Kuat
Lemah
:
ضعيف
X
قوي
6
Dalam
Dangkal
:
ضحل
X
عميق
7
Jernih
Keruh
:
كدر
X
صاف
8
Bersih
Kotor
:
وسخ
X
نظيف
9
Tebal
Tipis
:
رفيق
X
غليظ
10
Berbahaya
Berguna
:
مفيد
X
مضر
11

        Contoh kalimat :
·         هذا مكتب طويل و ذلك مكتب قصير
·         حميد تلميذ وأخوه تلميذ كسول
·         هناك بيت جديد وبجانبه بيت قديم

B.     Al Alwan
المعنى
للمؤنث
للمذاكر
نمره
Putih
بيضأ
ابيض
1
Merah
حمرآ
احمر
2
Hitam
سودأ
اسود
3
Hijau
حضرأ
احضر
4
Biru
زرقأ
ازرق
5
Kuning
صفرأ
اصفر
6
Coklat
سمرأ
اسمر
7
Abu- abu
رمادية
ارمد/ رمادى
8
Perubahan




     Berhati- hatilah  menggunakan kata yang menunjukkan warna itu, apabila benda yang memiliki warna tertentu jenis mudzakar atau muannas.[4] Seperti contoh :
·         هذا الطباشير ابياض
·         هذه الممحاة بيضأ
Ø  Warna (لون)
·         لون الخذأ اسود      sepatu            :   
·         لون القلنسوة اسودkopyah           :


Ø  Berwarna (اللون)
·         اسواد اللون :      Berwarna Hitam          
·         سودأ اللون  : Berwarna Hitam          

C.    Al Asykal
Bentuk     الاشكال

المعنى
للمؤنث
للمذاكر
نمره
Segi empat
مربعة
مربع
1
Segi panjang
مستطيلة
مستطيل
2
Bundar
مستديرة
مستدير
3
Silinder
استوانية
استواني
4
Limas
هرمية
هرمي
5
Bengkok
منحنة
منحن
6
Lonjong/ elip
بيضية
بيضي
7
Kubus
معكبة
معكب
8
Kerucut
مخروط
مخروط
9
Lurus
مستقيمة
مستقيم
10
Segi tiga
مثلث
مثلث
11
Bola
مكور
مكور
12
Bola
كروي
كروي
13
              Contoh:
1.      هذا الفصل ( مربع/معكب)
2.      هذه المجلة (مستقيمة/ مربعة)
D.    Al Asma’ (kata benda)
a.       Kata benda ditinjau dari segi jumlahnya ada tiga macam :
1.      Mufrodatun  (tunggal/ singular)
2.      Mutsanna (dua)
3.      Jam’un (plural)
Contoh :
5
4
3
2
1
المعنى
جمع
مثنى
مفرد
المعنى
Sekolah
مدارس
مدرستان
مدارسة
1
Kelas
فصول
فصلان
فصل
2
Murid (lk)
تلاميذ
تلميذان
تلميذ
3
Murid (pr)
تلميذات
تلميذتان
تلميذة
4
Guru (lk)
اساتيذ
استاذان
استاذ
5
Guru (pr)
استذات
استاذان
استاذة
6
Pelajaran
دروس
درسان
درس
7
Buku
كتب
كتابان
كتاب
8
Orang islam
مسلمون
مسلمان
مسلم
9
Orang beriman
مؤمنون
مؤمنان
مؤمن
10

b.      Tata bacaan :
1)      Untuk membentuk mufrod menjadi mutsanna cukup menambahkan alif dan nun seperti contoh kolom diatas.
2)      Untuk membentuk jama’ diperlukan hafalan dan ingatan yang kuat, perlu banyak membaca dan mendengarkannya.
3)      Jama’ ada tiga macam, yaitu :
1.      Jama’ taktsir : jama’ yang huruf- hurufnya sudah berubah dari bentuk mufrodnya.(kolom 4 no. 1,2,7,dan 8)
2.      Jama’ mudzakkar salim : berasal dari mufrod ditambah dengan wawu dan nun (kolom 4 no. 9 dan 10)
3.      Jama’ muannas salim : berasal dari mufrod ditambah dengan alif dan ta’.

c.       Bacaan :
1.      لنا مدرسة كبير, لها فصول كبيرة
2.      فى الفصل مكاتب, وكراسى ومقاعد وسبورة
3.      على الجدارساعة الحائط ورزنامة
d.      Kosa kata :
Matematika
العلوم الرياضة
Sejarah
التاريح
Ilmu hitung
علم الحساب
Pelajaran kewarganegaraan
علم التربية الوطنية
Al jabar
علم الجبر
Ilmu ukur
علم الهندسة

By emil salim with No comments

0 komentar:

Posting Komentar