bolsas femininas

Lencana Facebook


Sabtu, 28 April 2012

KEPEMIMPINAN VISIONER


KEPEMIMPINAN VISIONER
UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KENDAL
Makalah
Disusun guna memenuhi tugas
Mata Kuliah: Bahasa Indonesia
Dosen Pengampu:  Drs. H. Djoko Widagdho
 





                                                                                      
Disusun oleh:
Emil Salim: 073211029

FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2011





            I.  Pendahuluan
Manusia merupakan makhluk hidup yang mempunyai citra “tidak pernah selesai”. Perjalanan hidup manusia mengisyaratkan adanya perubahan yang terus menerus sehingga filsafat “perubahan merupakan sesuatu yang kekal” menjadi karakteristik tetap kehidupan manusia dan makhluk lainnya (the only thing of permanent is change). Demikian halnya pada organisasi terbuka yang memiliki ciri kumpulan  orang-orang bekerja secara sinergi untuk mencapai tujuan bersama, mengalami teori perubahan organisasi mulai dari orientasi, teknologi, struktur dan manajemennya.[1]
Sebuah sekolah adalah organisasi yang kompleks dan unik, sehingga memerlukan tingkat koordinasi yang tinggi.[2] Kepemimpinan pendidikan yang dibutuhkan saat ini yang didasarkan pada jati diri bangsa yang hakiki, bersumber nilai-nilai budaya dan  agama serta mampu mengantisipasi perubahan yang terjadi di dunia pendidikan khususnya dan umumnya atas kemajuan yang diraih di luar sistem sekolah. Salah satu tujuan visi untuk memudahkan proses manajemen strategis. Hanya pada organisasi yang telah menyatu dengan visinya, para pemimpin dan manajer dapat mulai mengembangkan strategi-strategi yang diperlukan untuk mewujudkan visi tersebut, dan tidak ada kendala di antara keduanya.[3]
Kaitannya dengan judul makalah ini yaitu tentang kepemimpinan  visioner kepala madrasah/sekolah. Maka yang bertanggung jawab atas segalanya dan berhak memimpin proses pendidikan di madrasah/sekolah adalah kepala madrasah/sekolah, berkaitan dengan kebijakan-kebijakan kepala sekolah peningkatan mutu SDM, peningkatan profesionalisme guru, karyawan dan semua yang berhubungan dengan sekolah berada  di naungan kepemimpinan visioner kepala sekolah.

         II.  Rumusan Masalah
A. Kepemimpinan Visioner Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kendal
B.  Peningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kendal

By emil salim with No comments

0 komentar:

Posting Komentar