bolsas femininas

Lencana Facebook


Sabtu, 28 April 2012

PENGELOLAAN USAHA DAN STATUS USAHA


PENGELOLAAN USAHA DAN STATUS USAHA


Makalah
Disusun guna memenuhi tugas
Matakuliah : Kewirausahaan
Dosen pengampu : Drs. Wahab Zaenuri. MM


logo iain2





Oleh :

Emil Salim                                           (73211029)






FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI WALISONGO
SEMARANG
2010
PENGELOLAAN USAHA DAN STATUS USAHA

 I.      PENDAHULUAN
Dalam berwirausaha tak kan pernah terlepas dari dua hal, yaitu bagaimana cara kita memasarkan produk yang kita miliki kepada konsumen dan bagaimana cara kita dalam mengembangkan usaha yang kita miliki agar menjadi semakin besar dan luas. Diperlukan teknik dan strategi tertentu dalam menjalankan kedua hal tersebut.
Pada kesempatan ini pemakalah akan sedikit memapaparkan tentang teknik-teknik dan strategi bagi para pelaku usaha untuk memasarkan dan mengembangkan usaha mereka.
                                                                                               
II.      RUMUSAN MASALAH
A.    Teknik dan Strategi Pemasaran
B.     Teknik Pengembangan usaha
C.     Manajemen dan Strategi Pengembangan Usaha

III.      PEMBAHASAN
A.    Teknik dan Strategi Pemasaran
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang teknik dan strategi dalam pemasaran, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian pemasaran itu sendiri. Pemasaran yaitu kegiatan meneliti kebutuhan & keinginan konsumen (probe/search), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen(product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal konsumen (promotion), dan mendistribusikan produk ke tempat konsumen (place).[1]
Adapun tujuan dari pemasaran adalah, bagaimana barang & jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan dan dibeli oleh konsumen.[2]
Untuk teknik dan strategi pemasaran, Kashmir dalam bukunya Kewirausahaan, menekankan pada Strategi Bauran Pemasaran atau Lebih dikenal dengan nama Marketing Mix Strategy.
Pelaksanaan strategi ini di bagi ke dalam :[3]
1.      Strategi produk,
Strategi produk yang perlu dan harus dilakukan oleh suatu perusahaan dalam mengembangkan produknya adalah sebagai berikut :
a.       Menentukan Logo dan Motto.
Dalam menentukan logo dan motto perlu beberapa pertimbangan, yaitu :
·         Harus memiliki arti (dalam arti positif)
·         Harus menarik perhatian.
·         Harus sudah diingat.
b.      Menciptakan Merk.
Agar merk mudah dikenal masyarakat, penciptaan merk harus mempertimbangkan faktor – faktor berikut :
·         Mudah diingat.
·         Terkesan hebat dan modern.
·         Memiliki arti (dalam arti positif)
·         Menarik perhatian.
c.       Menciptakan Kemasan.
Kemasan merupakan pembungkus suatu produk. Penciptaan kemasan pun harus memenuhi berbagai persyaratan, seperti :
·         Kualitas kemasan (tidak mudah rusak)
·         Bentuk atau ukuran termasuk desain menarik.
·         Warna menarik.
d.      Keputusan Label.
Label merupakan sesuatu yang dilekatkan pada produk yang ditawarkan dan merupakan bagian dari kemasan. Di dalam label harus dijelaskan :
·   siapa yang membuat.
·   Dimana dibuat.
·   Kapan dibuat.
·   Cara menggunakannya.
·   Waktu kadaluarsa.
·   Dan informasi lainnya.
2.      Strategi harga.
Setelah produk berhasil diciptakan dengan segala atributnya, langkah selanjutnya adalah penentuan harga. Dalam penentuan harga perlu memperhatikan faktor - faktor berikut :[4]
a.       Biaya barang dan jasa
b.      Permintaan & penawaran pasar
c.       Antisipasi volume pasar
d.      Harga pesaing
e.       Kondisi keuangan
f.       Lokasi usaha
g.      Fluktuasi musiman
h.      Faktor psikologis pelanggan
i.        Bunga kredit dan bentuk kredit
j.        Sensitivitas harga pelanggan (elastisitas permintaan)
Adapun metode – metode yang dapat digunakan dalam penentuan produk adalah sebagai berikut :[5]
a.       Modifikasi harga atau diskriminasi harga dapat dilakukan menurut hal-hal berikut :
1)      Menurut pelanggan.
2)      Menurut bentuk produk.
3)      Menurut tempat.
4)      Menurut waktu.
b.      Penetapan harga untuk produk baru
1)      Market skimming pricing
Yaitu harga awal produk yang ditetapkan setinggi-tingginya dengan tujuan produk atau jasa memiliki kualitas tinggi.
2)      Market penetration pricing
Yaitu menetapkan harga serendah mungkin dengan tujuan untuk menguasai pasar.
c.       Metode penetapan harga
1)      Cost plus pricing
Metode penentuan cost plus pricing menggunakan rumus :
                                          FC
Harga pokok = VC +
2)      Cost plus pricingdengan mark up
3)      Break Even pricing (BEP) atau Target Pricing yaitu harga ditentukan berdasarkan titik impas (pulang pokok)
3.      Strategi lokasi dan distribusi.

4.      Strategi Promosi.



[1] http://pengusaharindusyariah.com/wirausaha/95-manajemen-usaha-1--pengelolaan-proses-dan-kapasitas-usaha.html
[2] Ibid.
[3]  Kasmir, S.E, M.M, Kewirausahaan, (Jakarta, PT. Raja Grafindo, 2006), hlm. 173-175
[4]  http://pengusaharindusyariah.com/wirausaha/95-manajemen-usaha-1--pengelolaan-proses-dan-kapasitas-usaha.html
[5] Op.cit, hlm.177-179

By emil salim with No comments

0 komentar:

Posting Komentar