BAHASA
ARAB 1
I.
PENDAHULUAN
Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an,
Hadis Nabi, maka untuk mengkaji keduanya dibutuhkan seperangkat alat atau
sarana agar tidak salah dalam membaca dan memahami teks arab yang belum ada
harakatnya serta untuk mengetahui perubahan-perubahan kata. Sebab apabila salah
dan keliru dalam pembacaan tesk akan mengakibatkan salah dan keliru dalam
pemaknaan. Untuk menghindari itu, sarannya adalah Ilmu Nahwu dan Shorof.
Keduanya merupakan keutuhan yang tidak boleh diabaikan.
Dalam tugas ini saya akan membahas mengenai Al Aushof Al Alwan, Al
Asykal, Al Asma’, Al Adad, Al Jihah, Dhorfu Zaman, dan As Saa’ah
II.
RUMUSAN MASALAH
A.
Al
Aushof
B.
Al
Alwan
C.
Al
Asykal
D.
Al
Asma’
E.
Al
Adad
F.
Al
Jihah
G.
Dhorfu
Zaman
H.
As
Saa’ah
III.
PEMBAHASAN
A.
Al Ausof
Sifat terbagi
menjadi 2 macam, sifat musabbihah dan sifat mubalaghoh. Adapun pengertian dari
sifat musabbihah seperti berikut.
·
Sifat
musabbihah adalah sifat yang di bentuk untuk seseorang yang berbuat tetapi
tidak dari segi pekerjaan namun ia merupakan sifat yang tetap. Contoh:
فرح- فرح / فرحة
صفة استحسن جر فاعل # مغنى بها المشبهة اسم الفاعل
Sifat
yang menyerupai isim fail dianggap baik untuk men jerkan lafadz yang mengandung
makna fail.[1]
Kata
sifat adalah lafadz yang menunjukkan makna dan dzat. Contoh :
حسن الوجه
|
Bermuka cakap
|
منطلق اللسان
|
Berlidah lancer
|
طاهرالقلب
|
Berkalbu suci
|
Bentuk asalnya:
حسن الوجهه
|
Cakap
mukanya
|
منطلق لسانه
|
Lancar
lidahnya
|
طا هرقلبه
|
Suci
kalbunya
|
·
Sifat
mubalagoh adalah isim yang di bentuk dari fiil dan isim tersebut menunjukkan
arti isim fail yang disertahi pengukuhan atau penguatan arti.[2]
Contohnya:
علم – علام
Kata sifat
disebut صفة
sifat, sedangkan yang disifati disebut موصوف mausuf, setiap mausuf pasti ada sifat. Apabila
yang disifati adalah jenis mudzakkar maka sifatnya menyesuaikan diri, begitu
pula sebaliknya, apabila yang disifati adalah muannas maka sifatnya pun di
muannaskan.sifat juga berfungsi sebagai sebutan selalu tanpa awalan alif lam.
Adapun kata- kata sifat dibawah ini:[3]
Panjang
|
Pendek
|
:
|
قصير
|
X
|
طويل
|
1
|
Cepat
|
Lambat
|
:
|
بطئ
|
X
|
سريع
|
2
|
Rajin
|
Malas
|
:
|
كسول
|
X
|
مجد
|
3
|
Baru
|
Lama
|
:
|
قديم
|
X
|
جديد
|
4
|
Mudah
|
Sulit
|
:
|
صعب
|
X
|
سهل
|
5
|
Kuat
|
Lemah
|
:
|
ضعيف
|
X
|
قوي
|
6
|
Dalam
|
Dangkal
|
:
|
ضحل
|
X
|
عميق
|
7
|
Jernih
|
Keruh
|
:
|
كدر
|
X
|
صاف
|
8
|
Bersih
|
Kotor
|
:
|
وسخ
|
X
|
نظيف
|
9
|
Tebal
|
Tipis
|
:
|
رفيق
|
X
|
غليظ
|
10
|
Berbahaya
|
Berguna
|
:
|
مفيد
|
X
|
مضر
|
11
|
Contoh kalimat :
·
هذا مكتب طويل و ذلك مكتب قصير
·
حميد تلميذ وأخوه تلميذ كسول
·
هناك بيت جديد وبجانبه بيت قديم
B.
Al Alwan
المعنى
|
للمؤنث
|
للمذاكر
|
نمره
|
Putih
|
بيضأ
|
ابيض
|
1
|
Merah
|
حمرآ
|
احمر
|
2
|
Hitam
|
سودأ
|
اسود
|
3
|
Hijau
|
حضرأ
|
احضر
|
4
|
Biru
|
زرقأ
|
ازرق
|
5
|
Kuning
|
صفرأ
|
اصفر
|
6
|
Coklat
|
سمرأ
|
اسمر
|
7
|
Abu- abu
|
رمادية
|
ارمد/ رمادى
|
8
|
Perubahan
|
|
|
|
Berhati- hatilah menggunakan kata yang menunjukkan warna itu,
apabila benda yang memiliki warna tertentu jenis mudzakar atau muannas.[4]
Seperti contoh :
·
هذا الطباشير ابياض
·
هذه الممحاة بيضأ
Ø
Warna
(لون)
·
لون الخذأ اسود sepatu :
·
لون القلنسوة اسودkopyah :
Ø Berwarna (اللون)
·
اسواد اللون : Berwarna Hitam
·
سودأ اللون : Berwarna Hitam
C.
Al Asykal
Bentuk الاشكال
المعنى
|
للمؤنث
|
للمذاكر
|
نمره
|
Segi empat
|
مربعة
|
مربع
|
1
|
Segi panjang
|
مستطيلة
|
مستطيل
|
2
|
Bundar
|
مستديرة
|
مستدير
|
3
|
Silinder
|
استوانية
|
استواني
|
4
|
Limas
|
هرمية
|
هرمي
|
5
|
Bengkok
|
منحنة
|
منحن
|
6
|
Lonjong/ elip
|
بيضية
|
بيضي
|
7
|
Kubus
|
معكبة
|
معكب
|
8
|
Kerucut
|
مخروط
|
مخروط
|
9
|
Lurus
|
مستقيمة
|
مستقيم
|
10
|
Segi tiga
|
مثلث
|
مثلث
|
11
|
Bola
|
مكور
|
مكور
|
12
|
Bola
|
كروي
|
كروي
|
13
|
Contoh:
1.
هذا الفصل ( مربع/معكب)
2.
هذه المجلة (مستقيمة/ مربعة)
D.
Al Asma’ (kata benda)
a.
Kata
benda ditinjau dari segi jumlahnya ada tiga macam :
1. Mufrodatun (tunggal/
singular)
2. Mutsanna (dua)
3. Jam’un (plural)
Contoh
:
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
المعنى
|
جمع
|
مثنى
|
مفرد
|
المعنى
|
Sekolah
|
مدارس
|
مدرستان
|
مدارسة
|
1
|
Kelas
|
فصول
|
فصلان
|
فصل
|
2
|
Murid (lk)
|
تلاميذ
|
تلميذان
|
تلميذ
|
3
|
Murid (pr)
|
تلميذات
|
تلميذتان
|
تلميذة
|
4
|
Guru (lk)
|
اساتيذ
|
استاذان
|
استاذ
|
5
|
Guru (pr)
|
استذات
|
استاذان
|
استاذة
|
6
|
Pelajaran
|
دروس
|
درسان
|
درس
|
7
|
Buku
|
كتب
|
كتابان
|
كتاب
|
8
|
Orang islam
|
مسلمون
|
مسلمان
|
مسلم
|
9
|
Orang beriman
|
مؤمنون
|
مؤمنان
|
مؤمن
|
10
|
b.
Tata
bacaan :
1) Untuk membentuk mufrod menjadi mutsanna cukup menambahkan alif dan
nun seperti contoh kolom diatas.
2) Untuk membentuk jama’ diperlukan hafalan dan ingatan yang kuat,
perlu banyak membaca dan mendengarkannya.
3) Jama’ ada tiga macam, yaitu :
1. Jama’ taktsir : jama’ yang huruf- hurufnya sudah berubah dari bentuk
mufrodnya.(kolom 4 no. 1,2,7,dan 8)
2. Jama’ mudzakkar salim : berasal dari mufrod ditambah dengan wawu
dan nun (kolom 4 no. 9 dan 10)
3. Jama’ muannas salim : berasal dari mufrod ditambah dengan alif dan
ta’.
c.
Bacaan
:
1.
لنا مدرسة كبير, لها فصول كبيرة
2.
فى الفصل مكاتب, وكراسى ومقاعد وسبورة
3.
على الجدارساعة الحائط ورزنامة
d.
Kosa
kata :
Matematika
|
العلوم الرياضة
|
Sejarah
|
التاريح
|
Ilmu hitung
|
علم الحساب
|
Pelajaran kewarganegaraan
|
علم التربية الوطنية
|
Al jabar
|
علم الجبر
|
Ilmu ukur
|
علم الهندسة
|