KEPEMIMPINAN VISIONER
UNTUK MENINGKATKAN MUTU
PENDIDIKAN
DI MADRASAH TSANAWIYAH
NEGERI KENDAL
Makalah
Disusun
guna memenuhi tugas
Mata Kuliah: Bahasa
Indonesia
Dosen Pengampu: Drs.
H. Djoko Widagdho
![]() |
Disusun oleh:
Emil
Salim: 073211029
FAKULTAS
TARBIYAH
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2011
I. Pendahuluan
Manusia merupakan makhluk hidup yang
mempunyai citra “tidak pernah selesai”. Perjalanan hidup manusia mengisyaratkan
adanya perubahan yang terus menerus sehingga filsafat “perubahan merupakan
sesuatu yang kekal” menjadi karakteristik tetap kehidupan manusia dan makhluk
lainnya (the only thing of permanent is change). Demikian halnya pada
organisasi terbuka yang memiliki ciri kumpulan
orang-orang bekerja secara sinergi untuk mencapai tujuan bersama,
mengalami teori perubahan organisasi mulai dari orientasi, teknologi, struktur
dan manajemennya.[1]
Sebuah sekolah adalah organisasi
yang kompleks dan unik, sehingga memerlukan tingkat koordinasi yang tinggi.[2] Kepemimpinan pendidikan yang dibutuhkan saat ini yang didasarkan
pada jati diri bangsa yang hakiki, bersumber nilai-nilai budaya dan agama serta mampu mengantisipasi perubahan
yang terjadi di dunia pendidikan khususnya dan umumnya atas kemajuan yang
diraih di luar sistem sekolah. Salah satu tujuan visi untuk memudahkan proses
manajemen strategis. Hanya pada organisasi yang telah menyatu dengan visinya,
para pemimpin dan manajer dapat mulai mengembangkan strategi-strategi yang
diperlukan untuk mewujudkan visi tersebut, dan tidak ada kendala di antara
keduanya.[3]
Kaitannya dengan judul makalah ini
yaitu tentang kepemimpinan visioner
kepala madrasah/sekolah. Maka yang bertanggung jawab atas segalanya dan berhak
memimpin proses pendidikan di madrasah/sekolah adalah kepala madrasah/sekolah,
berkaitan dengan kebijakan-kebijakan kepala sekolah peningkatan mutu SDM,
peningkatan profesionalisme guru, karyawan dan semua yang berhubungan dengan
sekolah berada di naungan kepemimpinan
visioner kepala sekolah.
II. Rumusan Masalah
A.
Kepemimpinan Visioner Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kendal
B.
Peningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kendal